Haloooo, Gilganime telah kembali, sudah lama saya
tidak mengurusi blog ini karena kesibukan dan padatnya jadwal kuliah
akhir-akhir ini. Ya tapi sudahlah, kali ini saya akan mengeluarkan sedikit
unek-unek saya hasil berimajinasi setelah banyaknya menonton film dan anime
bergenre fantasi, super power dll yang setipe itu lah....
Setelah sekian banyak dan lamanya saya menonton atau
membaca genre tersebut, jujur saya jadi sering mengkhayal beberapa kekuatan
super tentunya hanya ada di film-film atau anime dan cerita fantasi, setelah
itu saya iseng untuk mencari-cari contoh-contoh kekuatan super yang ada sebagai
referensi untuk cerita karangan saya. Mungkin pembaca pernah atau sedang
mengalami hal yang sama seperti saya, oleh karena itu saya membuat postingan ini
agar dapat menjadi referensi untuk anda, karangan anda, game buatan anda, atau
apapun itu yang semoga berguna untuk anda.
1. Magic
Magic Manipulation atau kemampuan mengendalikan sihir (ilmu sihir), biasanya ada di dalam
cerita atau film bergenre fantasi dan super power. Kekuatan ini berkaitan
dengan mengendalikan sesuatu (elemen, ruang/dimensi dan waktu, membangkitkan
orang mati/memindahkan jiwa, ilusi, menyembuhkan luka, etc). Kekuatan ini
biasanya dimiliki oleh class
Mage/Magicians, Warlocks, Shaman, witches, necromancer. Biasanya dalam
cerita atau film, sumber kekuatan ini berasal dari kapasitas Mana/Ki/Chi/Nen/Chakra/spirit power
(bebas kalian pilih yang mana sesuai dengan imajinasi kalian) dari si Mage.
Pengaplikasian Magic Manipulation terbagi menjadi beberapa, diantaranya, Offensive Magic, Defensive Magic,
Miscellaneous Abilities, Alternative Classification.
Contoh Karakter: Mages and Dark Mages (Fairy Tail), Witches
(Witch Hunter). Loki, Zatanna, Zatara (DC Comics), Witches, Demons, Angels,
Deities (Supernatural), Wizards (Harry Potter)
Ilmu sihir dan
ilmu pengetahuan mungkin sama namun dapat merupakan dua hal yang sangat berbeda
dan tidak terkait. Sebagaimana sihir dan teknologi bereaksi terhadap satu sama
lain sangatlah bervariasi.Tetap saja walaupun ini termasuk kekuatan super yang
sudah umum, perlu kita ketahui lebih lanjut bahwa ilmu sihir tetap saja
memiliki batasan-batasan tertentu.
Batasan dalam
ilmu sihir:
- Ilmu sihir selalu membutuhkan pengorbanan. Yang saya maksud adalah semakin besar kekuatan sihir yang ingin diperoleh atau di aktifkan, semakin besar pula harga dan pengorbanannya. Tingkat kewarasan si pengguna sihir, lingkungan di sekitar pengguna sihir atau bahkan nyawa si pengguna sihir ini lah yang menjadi taruhannya.
- Sihir yang sangat kuat akan mengambil alih si pengguna sihir. Untuk mengaktifkan sihir yang sangat kuat, si pengguna sihir sudah memiliki tingkat pengalaman dan pengetahuan yang tinggi. Bila seorang pengguna sihir baru nekat menggunakan sihir yang sangat kuat, sihirnya sendiri lah yang akan mengambil alih si pengguna sihir.
- Sihir cepat menghabiskan stamina atau kapasitas mana/energi/tenaga dalam/chi/ki/nen si pengguna.
- Sihir tidak dapat diprediksi. Tanpa pengetahuan dan keterampilan yang tepat, tujuan penggunaan sihir atau mantra dapat menciptakan hasil yang tidak terduga atau berpotensi bahaya. Yang awalnya bertujuan untuk menghibur dapat menjadi mengganggu, yang merusak dapat mematikan.
- Adanya ketentuan tertentu pada pengguna sihir. Biasanya ada peraturan tertentu dalam sihir seperti “jangan menggunakan sihir hitam karena kau akan kehilangan jiwamu”, atau “jangan injakkan kakimu atau dekati tempat tersebut atau kemampua/kekuatan sihirmu akan hilang”. Atau yang lebih sederhana lagi “rakyat jelata tidak mungkin menjadi penyihir, hanya keturunan bangsawan lah yang bisa menjadi penyihir”.
- Sihir memerlukan ritual serta konsentrasi dan fokus yang penuh. Contoh mudahnya menyebutkan mantra sihir, atau melakukan ritual lewat nyanyian atau alunan musik, atau yang lebih menyulitkan lagi membutuhkan bahan-bahan untuk ritual.
2. Science Manipulation
Adalah seluruh
kemampuan memanipulasi ilmu pengetahuan atau sangat menguasai ilmu pengetahuan
yang berdasarkan hukum dan teori yang berlaku. Kekuatan super ini sangat dekat
dengan kehidupan nyata, bahkan bisa dibilang science manipulation merupakan kekuatan super yang nyata, bisa
diambil contoh rudal nuklir yang merupakan hasil pengetahuan dari ilmuwan yang
sekarang ini dijadikan sebagai senjata rahasia beberapa negara.
Nah
kembali ke dunia fiksi fantasi karena berkaitan dengan judul postingan ini.
Kemampuan ini berbanding terbalik dengan magic
manipulation yang dapat menciptakan sesuatu yang nyata atau bahkan tidak
nyata dengan cara yang tidak masuk akal atau tidak cocok dengan logika. Science Manipulation merupakan kemampuan
yang dapat menciptakan sesuatu yang nyata dengan cara dan proses yang masuk
akal atau menggunakan logika.
Pengaplikasian
Science Manipulation: Absolute Existence, Conceptualization,
Formula Manifestation, Knowledge Manipulation, Logic Manipulation,
Nigh-Omniscience, Order Manipulation, Paradox Manipulation, Reality Warping,
Remolding, Rule Bending, Science Affined Physiology, Science Combat, Sciential
Entity Physiology, Scientific Prowess, Scientific Perception.
Pemilik
kemampuan ini dibagi menjadi 4 stage yaitu:
- Rule Bending/Low Level Users: si pemilik kemampuan masih pada stage awal dimana ia menerima hukum dan pengetahuan alam yang telah berlaku.
- Rule Breaking/Medium level Users: si pemilik kemampuan sudah pada stage selanjutnya dimana ia mulai menentang/menyangkal hukum dan pengetahuan alam yang berlaku beserta bukti penyangkalannya.
- Rule Creation/High Level Users: si pemilik kemampuan dapat membuat hukum dan pengetahuan alam yang baru atau mengganti hukum dan pengetahuan yang lama menjadi baru.
- Rule Obsolescent/Transcendence Level Users: si pemilik kemampuan sudah tidak terikat lagi dengan hukum dan pengetahuan yang berlaku, segalanya dapat ia lakukan dengan pengetahuannya, semua hidup dalam hukum dari si pemilik kemampuan ini.
Contoh Karakter: Brainiac & Lexiac (DC Comics),
Apocalypse & Celestials (Marvel), Father (Fullmetal Alchemists), Szayel
Aporro & Mayuri Kurotsuchi (Bleach), Iron Man/Tony Stark.
Sama seperti
kemampuan ilmu sihir, kemampuan ilmu pengetahuan ini pun juga memiliki batasan-batasan
atau kekurangan tertentu dalam penerapan kekuatannya, diantaranya:
- Dibutuhkan Pengalaman, Pengetahuan, Pemahaman, Penelitian dan Percobaan yang matang agar dapat menguasai kemampuan ini.
- Penerapan ilmu dan percobaan yang tidak akurat pada kemampuan ini dapat membahayakan atau memberi efek samping yang berbahaya.
- Pemilik kemampuan yang sudah sangat terobsesi dengan penelitian mereka akan kehilangan sentuhan terhadap kehidupan dunia, mengabaikan standar-standar implikasi moral dan sosial yang ada, lalu dapat berubah menjadi ilmuwan gila yang sosiopat.
Sedikit dan tidak banyak
dari saya yang ketahui dan semoga dapat berguna bagi kalian para pembaca/penulis/pengarang/perancang.
Untuk Sesi selanjutnya saya akan memperdalam soal kemampuan super yang pertama
yaitu Magic (tunggu postingan
selanjutnya xixixixi :D)
Bagus banget kontennya. Banyak gambarnya
BalasHapusterima kasih infonya!! jadi makin banyak inspirasi buat bikin cerita!
BalasHapusGood
BalasHapusMakasih atas infonya kak, berkat ini makin semangat bikin mini series komik tentang karakter buatanku wehehe~
BalasHapusPengen nanya sihir api, air, petir, angin, tanah itu termasuk sihir alam, kalau sihir suara, waktu, gravitasi itu masuk kategori sihir apa?
BalasHapusMakasih kak infonya, jadi banyak inspirasi buat cerita aku
BalasHapus